Sunday, May 25, 2014

Sismul: week 10 - Multimedia Design Principles~

Halo... bagaimana kabar anda hari ini?

Kalau membuat suatu aplikasi yang bagus memang menyenangkan. Namun, apakah bagus itu hanya sekedar canggih saja? Bagaimana jika saat menggunakan user kebingungan untuk langkah-langkahnya. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk terbiasa dengan aplikasi kita.

Nah, itu semua bermasalah pada design. Aplikasi yang bagus harus memiliki design yang baik agar mudah digunakan user juga diingatnya. Untuk itu ada tiga point utama prinsip design multimedia: design informasinya, navigasinya, dan interaksi antar mukanya. Untuk lebih lanjut silahkan di simak~

Arsitektur Informasi
• Linear / Sequential : menceritakan


• Hierarchical : informasi terorganisasi


• Network / Web : exploring

Navigasi
• Pertanyaan Kunci
– Where am I? (Di mana aku ?)
– Where have I been? (Dari mana aku?)
– Where can I go to? (Ke mana aku bisa pergi?)

• Teknik Navigasi
– Browsing
– Searching
– Site Map



Navigasi

• Menyediakan indikator – ‘you are here’
– Cascading menus
– Thumbnail maps
– Color coding
• Menyediakan ‘Search facilities’
–Sitemaps

Atribut Usability

• Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
• Kendali dan kebebasan : menyediakan undo dan redo
• Konsistensi dan standarisasi : “exit” atau “quit” ?
• Pencegahan kesalahan
• Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan : expert/basic mode
• Estetika dan perancangan minimalis
• Bantu user untuk mengenali, mendiagnosa, dan memperbaik



User interface

• Hyperlinks, icons dan buttons
• Penempatan (Alignment)
• Text
• Warna
• Ukuran dan resolusi layar

Hyperlinks, Icons, dan Buttons

• Gunakan warna umum untuk mengindikasikan status hyperlinks (selected, rollover, atau clicked)
• Sediakan icons/buttons yang masuk akal
• Jangan paksa user untuk mengenali icon baru/spesial
• Bagaimana buttons diaktifkan/dipilih : highlight atau perubahan bentuk

Penempatan (Alignment)

• Baik untuk elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’
• Alignment yang baik membantu komunikasi yang lebih baik / bersih
• Centered text terlihat tidak indah dan menambah waktu membaca
• Keseragaman alignment untuk semua elemen di keseluruhan halaman website

Warna

• Gunakan kombinasi yang sederhana : teori warna
• Warna hangat (warm colors) terlihat lebih besar dari warna dingin (cool colors)
• Warna cerah (bright colors) lebih besar dari warna gelap (dark colors)
• Warna kuat (intense), warna primer (saturated) dapat menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam jumlah besar, jadi jangan gunakan warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background)

Resolusi Layar
resolusi gambar
• Resolusi semakin lama semakin besar
• Rancang untuk yang terendah dan paling banyak digunakan untuk menjamin keberhasilan

Metafora

• Aplikasi yang kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah jika user interfacenya digambarkan dengan sesuatu yang sudah umum
• Metafor yang tepat memudahkan user untuk belajar/mengingat aturan/prosedur aplikasi sesedikit mungkin

Isu-Isu Metafora

• Digunakan untuk menggambarkan aplikasi, bukan suatu button
• Memungkinkan beberapa metafora dalam satu aplikasi
• Metafora tidak harus selalu ada
• Gunakan metafora yang akan dimengerti oleh lebih banyak user

• Beberapa metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang berbeda


Sekian dulu pembahasan dari saya. Mohon maaf jika ada banyak kekurangan. Jika ada kesempatan akan saya sempurnakan lebih jauh. hehhe. Memang dalam mendesign tidak hanya bisa dengna teori melainkan harus banyak praktek juga.

  Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya...


 huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD