Halo... bagaimana kabar anda hari ini?
Kalau membuat suatu aplikasi yang bagus memang menyenangkan. Namun, apakah bagus itu hanya sekedar canggih saja? Bagaimana jika saat menggunakan user kebingungan untuk langkah-langkahnya. Sehingga membutuhkan waktu lama untuk terbiasa dengan aplikasi kita.
Nah, itu semua bermasalah pada design. Aplikasi yang bagus harus memiliki design yang baik agar mudah digunakan user juga diingatnya. Untuk itu ada tiga point utama prinsip design multimedia: design informasinya, navigasinya, dan interaksi antar mukanya. Untuk lebih lanjut silahkan di simak~
Arsitektur Informasi
• Linear / Sequential : menceritakan
• Hierarchical : informasi terorganisasi
• Network / Web : exploring
Navigasi
• Pertanyaan Kunci
– Where am I? (Di mana aku ?)
– Where have I been? (Dari mana aku?)
– Where can I go to? (Ke mana aku bisa pergi?)
• Teknik Navigasi
– Browsing
– Searching
– Site Map
Navigasi
• Menyediakan indikator – ‘you are here’
– Cascading menus
– Thumbnail maps
– Color coding
• Menyediakan ‘Search facilities’
–Sitemaps
Atribut Usability
• Kecocokan antara sistem dan dunia nyata
• Kendali dan kebebasan : menyediakan undo dan redo
• Konsistensi dan standarisasi : “exit” atau “quit” ?
• Pencegahan kesalahan
• Fleksibilitas dan efisiensi penggunaan : expert/basic
mode
• Estetika dan perancangan minimalis
• Bantu user untuk mengenali, mendiagnosa, dan memperbaik
User interface
• Hyperlinks, icons dan buttons
• Penempatan (Alignment)
• Text
• Warna
• Ukuran dan resolusi layar
Hyperlinks, Icons, dan Buttons
• Gunakan warna umum untuk mengindikasikan status hyperlinks
(selected, rollover, atau clicked)
• Sediakan icons/buttons yang masuk akal
• Jangan paksa user untuk mengenali icon baru/spesial
• Bagaimana buttons diaktifkan/dipilih : highlight atau
perubahan bentuk
Penempatan (Alignment)
• Baik untuk elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’
• Alignment yang baik membantu komunikasi yang lebih baik /
bersih
• Centered text terlihat tidak indah dan menambah waktu
membaca
• Keseragaman alignment untuk semua elemen di keseluruhan
halaman website
Warna
• Gunakan kombinasi yang sederhana : teori warna
• Warna hangat (warm colors) terlihat lebih besar dari warna
dingin (cool colors)
• Warna cerah (bright colors) lebih besar dari warna gelap
(dark colors)
• Warna kuat (intense), warna primer (saturated) dapat
menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam jumlah besar, jadi jangan gunakan
warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background)
Resolusi Layar
resolusi gambar
• Resolusi semakin lama semakin besar
• Rancang untuk yang terendah dan paling banyak digunakan
untuk menjamin keberhasilan
Metafora
• Aplikasi yang kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah
jika user interfacenya digambarkan dengan sesuatu yang sudah umum
• Metafor yang tepat memudahkan user untuk belajar/mengingat
aturan/prosedur aplikasi sesedikit mungkin
Isu-Isu Metafora
• Digunakan untuk menggambarkan aplikasi, bukan suatu button
• Memungkinkan beberapa metafora dalam satu aplikasi
• Metafora tidak harus selalu ada
• Gunakan metafora yang akan dimengerti oleh lebih banyak
user
• Beberapa metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang
berbeda
Sekian dulu pembahasan dari saya. Mohon maaf jika ada banyak kekurangan. Jika ada kesempatan akan saya sempurnakan lebih jauh. hehhe. Memang dalam mendesign tidak hanya bisa dengna teori melainkan harus banyak praktek juga.
Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya...
huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD
No comments:
Post a Comment