Friday, March 7, 2014

Sismul: Week 2 - Multimedia Project

Halo... bagaimana kabar anda hari ini?

  Seperti yang telah saya janjikan minggu kemarin, bahwa minggu ke minggu pasti kita sesuatu hal yang  baru. Hari ini kita akan membahas lagi tentang pelajaran sismul. Mari kita review sebentar tentang pelajaran sebelumnya. ;D

  Minggu kemarin kita telah mempelajari tentang pengertian multimedia. Selain itu juga sempat membahas apa itu interactive multimedia. Presentasi multimedia dapat berupa linear, hierarchical, non linear, dan composite. Kenapa kita menggunakan multimedia? Karena dengan multimedia hal yang ingin kita jelaskan/capai akan lebih efisien dan mudah dimengerti. Multimedia dapat kita temui di rumah, sekolah, tempat publik dan bahkan dalam urusan binis.

  Nah itu dia sekilas info review week 1. Sekarang kita akan masuk membahas materi minggu ini: Multimedia Project/Proyek Multimedia. Pelajaran......dimulai!
*ting ting*

================================================== ==================================================
  Dalam membuat multimedia tidak mungkin hanya dengan memikirkannya lalu langsung membuatnya. Apalagi langsung mempublikasikannya. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui terlebih dahulu agar hasilnya memuaskan. 

  Pada dasarnya, tahapan-tahapan yang harus dilakukan saat akan membuat multimedia setelah kita memperoleh ide adalah Analysis - Pretesting - Prototype Development - Alpha Development - Beta Development - Delivery



 IDE
  Dalam memulai proyek multimedia ide dapat kita peroleh dengan mencari insparasi. Untuk memperoleh inspirasi, setiap orang mungkin berbeda dalam memperolehnya. Pengalaman juga dapat mempercepat seseorang dalam mendapat inspirasi. 

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan saat melaksanakan tiap-tiap tahapan.


ANALYSIS

  • Analisa kebutuhan: apa yang kita/klien butuhkan.
  • Analisa biaya: perkirakan biaya pembuatan yang akan dikeluarkan.
  • Analisa konten: misal tentukan judul, isi.
  • Analisa pasar: misal apakah multimedia yang akan dibuat sudah ada/belum?
  • Analisa teknologi: misal multimedia akan disampaikan bentuk DVD/apa?
  • Analisa medua penyimpanan: contohnya kita simpan dalam email.

  Selesai tahap ini buat evaluasi/report. Jika ada kesalahan lakukan revisi. Jika berhenti maka bail out.


PRETESTING

  • Tentukan tujuan: contohnya kampanye anti merokok.
  • Tentukan kebutuhan skill: misal ingin membuat web maka kita akan butuh web designer.
  • Buat konten online: buat kerangka, daftar isi, misal ditulis akan ada berapa scene yang dipakai.
  • Tentukan Pasar: siapakah targetnya? remaja/dewasa? usianya? dll
  • Buat Prototype tertulis: buat semacam proposal.

  Selesai tahap ini buat evaluasi/report. Jika ada kesalahan lakukan revisi. Jika berhenti maka bail out.


PROTOTYPE DEVELOPMENT

  • Buat rancangan layar
  • Buat rancangan konten
  • Rancang antarmuka
  • Kembangkan cerita
  • Test prototype: pada tahap ini masih dalam bentuk sketch/ abstrak


  Pada tahap ini bekerja secara focus group. Selesai tahap ini buat evaluasi/report. Jika ada kesalahan lakukan revisi. Jika berhenti maka bail out.


ALPHA DEVELOPMENT

  • Detailkan storyboard & flowchart
  • Lengkapi alur cerita
  • Memproduksi graphic art
  • Memproduksi suara dan video
  • Menyelesaikan masalah teknis: misalkan terjadi kesalahan dimana format audio tidak sesuai dengan speaker. Maka hal itu harus diselesaikan
  • Test Working Prototype 
  Pada Alpha Development focus group tetap dilaksanakan. Selesai tahap ini buat evaluasi/report. Jika ada kesalahan lakukan revisi. Jika berhenti maka bail out.

BETA DEVELOPMENT

  • Didistribusikan ke tester terbatas
  • Perbaiki bugs
  • Persiapkan manual
  • Persiapkan Kemasan: Seperti apa rupa kemasannya? (bentuknya kotak atau bagaimana?) Tampilan kemasannya? dll
  • Mengembangkan Gold Candidate: master data/backup
  • Memberitahukan ke media dan PR list 

DELIVERY

  • Menyiapkan techincal support: siapkan ahli 
  • Install sales team: sales team dibutuhkan dalam proses penjualan
  • Mereplikasi gold master
  • Membayar bonus
  • Menggelar Launch Party



==================================================
  
  



  Dalam memenuhi kebutuhan projek multimedia, akan dibutuhkan scheduling dan storyboard. Untuk scheduling dapat kita gunakan Gantt chart seperti di bawah ini. Gantt chart membantu kita melihat urutan hal yang harus dilakukan. Apakah kerjaan itu bisa dilakukan bersamaan atau tidak.


contoh Gantt chart


  Storyboard adalah gambaran kasar dari hal yang ingin kita buat beserta penjelasannya. Misalkan kita akan membuat suatu animasi maka kita gambarkan adegan per adegannya.

contoh storyboard untuk animasi
  Storyboard harus menunjukkan dengan tepat pembagian-bagian adegan beserta keterangan adegan tersebut. 

 Berikut ini beberapa hal yang membantu kita dalam mengerjakan project:


Screen Template 

  Ini akan membantu anda dalam merancang layout karya anda. Sehingga sebelum dibuat pun kita sudah dapat lebih mudah memperoleh gambaran yang pas.





Navigation Map
  
  Navigation map akan membantu kita dalam menentukan hubungan antar screen. Sehingga meminimalisir kesalahan.






==================================================
==================================================
  
  Sekian ilmu yang saya peroleh mingu ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penjelasannya. Untuk contoh storyboard akan dicontohkan pada postingan berikutnya. Sekian tulisan saya hari ini....

  Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya...


  huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD