Monday, May 5, 2014

Sismul week 8: Multimedia Authoring Tools~

Halo... bagaimana kabar anda hari ini?


Authoring tools ialah memberikan lingkungan terintergrasi untuk semua elemen secara bersama-sama dalam sebuah produksi multimedia. Elemen yang dimaksud adalah sebagai berikut




Komponen-Komponen Authoring Tool
• Kebanyakan sistem authoring menyediakan fasilitas untuk :
– Loading dan saving aset media (graphics, suara, video, text, dll.)
– Creating atau editing audio dan graphic images
– Pembuatan page atau slide (layering data multimedia untuk membuat sebuah single page)
– Efek animasi untuk transisi
– Menspesifikasi urutan aplikasi
– Menambah kontrol interaktif untuk navigasi dan aksi pada saat run-time (dijalankan)
– Pembuatan distribusi berbasis CD-ROM atau web


Tipe-Tipe Authoring System

• Ada banyak model pengembangan yang bisa digunakan untuk pembuatan aplikasi multimedia
• Umumnya sistem authoring memiliki satu atau lebih kategori di bawah ini :
– Slide, card or frame based
– Icon based
– The score model
– Object-oriented models
– Scripting language based
• Beberapa sistem mengkombinasikan lebih dari satu kategori untuk mendapatkan tools yang lebih baik

Slide, Card atau Frame Based
• Pada sistem ini, elemen sistem authoring diorganisasikan seperti halaman buku atau tumpukan kartu
• Sistem authoring memungkinkan untuk menghubungkan halaman-halaman atau kartu-kartu tersebut dalam suatu urutan yang terorganisasi
• Dengan mengaktifkan suatu perintah user dimungkinkan untuk melompat dari satu halaman ke halaman lain, sesuai struktur navigasi
• Suatu halaman dapat berisi hyperlink ke halaman lain sesuai navigasi yang  disediakan, atau juga dapat dilihat secara sekuensial
• Ada banyak parameter yang dapat diatur untuk mengatur keseluruhan aplikasi
– Contoh : warna background, default font, dll.



Icon-Based Authoring


• Setiap bagian merepresentasikan suatu icon (symbolic picture)
• Setiap icon melakukan tugas yang spesifik, misalnya : mainkan suatu suara (plays a sound)
• Icon kemudian saling dihubungkan untuk membentuk suatu aplikasi yang  lengkap
• Dapat dengan mudah memvisualisasikan struktur dan navigasi dari aplikasi final



The Score Model
• Model ini memiliki analogi dengan score musik
• Namun yang dimunculkan bukanlah nada-nada untuk dimainkan melainkan obyek-obyek multimedia (suara, gambar, video, text, dll.) yang akan dipresentasikan pada suatu titik (waktu) tertentu pada score.
• Biasanya ada cara umum untuk menganimasikan obyek (misalnya : rotasi, scaling, mengubah warna, dll.) pada setiap transisi (yaitu saat obyek mulai dimainkan dan saat sudah selesai dimainkan)
• Setiap obyek multimedia hidup dalam suatu track
• Suatu score memiliki banyak track

Scores dan Timelines

• Timelines adalah cara yang efektif untuk merepresentasikan data multimedia selama jalannya presentasi atau aplikasi
– Time (waktu) direpresentasikan sepanjang sumbu x (x-axis)
– Tracks direpresentasikan sepanjang sumbu y (y-axis)
• Pembuat aplikasi dapat memindahkan obyek ke kiri dan kanan untuk mengubah urutan dari informasi dan memanjangkan




Scripting Language Based Models
• Model scripting memungkinkan pembuat aplikasi untuk menuliskan script (program) pendek untuk diasosiasikan dengan suatu

Object oriented model
•Dalam suatu model ini, segala sesuatu dapat ditaruh diaplikasi sebagai objek. Nah objek ini memiliki state(deskripsi dan properti yang unik  pada suatu objel) dan juga memiliki behavior(hal yang bisa digunakann atau dilakukan oleh objek) .
•Model icon dan score biasanya juga memiliki fitur ini
•objek memiliki sifat self contrained dan dapat digunakan kembali untuk proyek lain


Macromedia flash


flash adalah sebuah tools yang digunakan untuk membuat animated vector graphic dan multimedia. Flash ini memakai modek timeline dan objek oriented.. Flash memiliki fitur seperti tweening dan beberapa fitur lain yang diperuntukan untuk membuat animasi. Flash sangat popular di website

Saya sendiri baru semester ini menggunakan flash. Susah-susah menarik bagi saya. hehehe. Cukup menantang dan berhubung saya berminat pada animasi maka jika ada kesempatan saya ingin mendalami lebih lanjut.

Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya...

 huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD

No comments:

Post a Comment