Animasi, saya sangat suka sekali menonton film animasi. Entah itu full animation atau hanya berupa potongan animasi saat kita sedang main game. Game RPG biasanya. Terutama animasi Jepang atau yang biasa disebut anime. Daripada hanya komiknya, animasi membuat cerita dapat lebih hidup dan memberi kesan yang berbeda. Terkadang ada adegan di mana saat membaca bukunya kita kebingungan, namun setelah menonton animasinya kita jadi lebih mengerti. Apalagi jika diberi efek multimedia lainnya.
Nah, jika selama ini kita hanya mengonsumsi animasi sebagai hiburan dalam melepas kepenatan, atau mungkin dalam rangka menghabiskan waktu bersama keluarga. Tak ada salahnya jika kupas sedikit tentang pelajaran minggu ini: Sismul: Week 5 - Animation~.
- Animasi adalah sekuen/urutan frame yang ketika dimainkan dengan urut dengan kecepatan yang tepat, memperlihatkan pergerakan yang halus seperti sebuah film/video.
Untuk memperjelas apa yang dimaksud dengan animasi, berikut saya tampilkan contoh frame dari animasi yang pernah buat.
![]() |
frame yang telah dirutkan |
Setelah gambar itu gambar-gambar frame di atas diberi kecepatan dan alur yang sesuai sehingga membentuk suatu gerakan. Berikut setelah dijadikan animasi:
- Animasi ada yang berupa 2 Dimensi (2D) dan 3 Dimensi (3D).
==================================================
2D
Animasi 2D hanya menggunakan koordinat x dan y dalam representasinya.
Animasi 2D dibagi menjadi Cel Animation dan Path animation
- Cel Animation adalah animasi yang berdasarkan pada perubahan yang terjadi dari frame ke frame berikutnya.
- Cel animation banyak kita temui pada animasi sehari-hari. The Simpsons, Spongebob adalah contoh dari sekian banyak cel animation. Anime juga masih menggunakan teknik ini.
- Path Animation ialah animasi berdasarkan pergerakan objek sepanjang jalur yang terlah ditentukan.
==================================================
3D
Animasi 3D berbeda dengan 2D karena menggunakan korrdinat x, y, juga z. Sehingga memberi kita sudut pandang yang lebih nyata.
Dalam animasi 3D ada tiga proses: Modeling, Animation, dan Rendering.
- Modeling adalah proses mebuat objek dan membentuknya sesuai dengan kebutuhan kita.
- Animation ialah dimana kita menentukan gerak objek yang telah kita buat. Proses skinning dan rigging yang pernah saya lakukan dalam tahap ini cukup membutuhkan kesabaran. Karena menurut saya, kemulusan gerakan sangat bergantung di proses ini.
- Rendering adalah tahap terakhir dimana kita memberikan atribut kepada objek. Memberikan warna rambut, bahan pakaian contohnya. Proses ini adalah proses yang paling banyak memakan waktu. Dibutuhkan memory komputer yang kuat jika ingin membuat hasil render yang baik.
![]() |
sebelum dan sesudah rendering |
==================================================
Untuk membuat animasi semakin menarik, kita bisa melakukan Morphing dan Warping. Atau membuatnya menjadi Virtual reality.
- Morphing adalah efek dimana kita menyatukan 2 image menjadi satu image.
- Warping ialah memberikan efek pergerakan pada sebuah image. Berikut saya berikan video menarik tentang warping pd ekspresi wajah:
- Virtual Reality merupakan lingkungan maya buatan di mana seolah-olah kita berada dalam lingkungan tersebut. Untuk virtual reality di lingkungan kampus Binus Syahdan, dapat dicek di sini
==================================================
- Format file animasi:
- DIR/DCR : director
- FLI/FLC : AnimatorPro
- MAX : 3D Studio Max
- GIF : GIF89a
- FLA/SWF : FLash
- Bekerja dengan animasi berhubungan dengan:
- Demostrasi produk
- Teks atau chart yang dianimasikan
- Prosedur training
- Efek transisi
- Keuntungan menggunakan animasi:
+ Atraktif dan menarik perhatian.
+ Menampilkan aksin nyata ataupun proses fisik.
+ Lebih mudah diingat
+ Visualisasi dari konsep, objek, dan hubungan di dalamnya.
- Kekurangan menggunakan animasi:
- Membutuhkan memory dan ruang penyimpanan yang cukup banyak
- Membutuhkan peralatan dan perlengkapan khusus dalam presentasinya
- Animasi 2D tidak memberi kesan nyata seperti video atau fotografi
Sekian penjelasan saya kali ini tentang animasi. Nantikan post saya berikutnya tentang sismul minggu depan. Topik minggu depan adalah tentang sound. Nantikan ya~ Mohon maaf jika ada kesalhan penjelasan di sini. Kritik dan saran yang mebangun saya terima dengan hangat di sini :D.
Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya...
huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD
sumber gambar: google
No comments:
Post a Comment