Saturday, March 29, 2014

Sismul: Week 4 - Image~

Halo... bagaimanan kabar anda hari ini?

  Meja baru sudah datang. Dengan begini saya bisa belajar (main komputer) dengan nyaman. Sayangnya, mejanya masih berupa papan-papan yang ada nomornya. Harus dipasang dulu nih. Hmmm... baiklah berhubung lagi semangat akan pasang sendiri. Telepon saja ayah untuk membantu memberi intruksi. Tuuut tuuut ayah pun mengangkat dan memberi intruksi.

  "Tempel papan nomor 1 dengan papan nomor 2. Sehabis itu tempel lagi dengan papan nomor 2 yang satunya. Lalu taruh papan nomor 3 diatasnya. Jangan lupa selipkan papan nomor 4 di antara papan nomor 2 dan di bawah nomor 1. Yang terakhir pasang paku di ujung papan 1."

  Haduuuh bingung. Namanya banyak banget. Instruksinya juga panjang. Kalau begini sih mejanya nggak bakal bisa dipakai hik-hik. Eh, ternyata dalam kardus tempat meja terdapat suatu kertas yang berjudul "Panduan merakit meja". Lalu ada secarik kertas bergambarkan sebagai berikut:

  


  Oooh jadi ternyata begitu cara merakit meja. Ternyata lebih simpel dan mudah daripada yang kita duga ya.

  Nah... Bagaimana? Dengan melihat sekilas saja kita sudah bisa mengerti merakit meja daripada mendengarkan instruksi panjang berkali-kali.Contoh di atas itu salah satu dari kegunaaan media gambar/ image dalam memberikan informasi.

Jadi image itu apa? Image adalah informasi yang disalurkan/berikan secara grafis/visual.

Jenis media gambar ada dua yaitu:


  • Raster / Bitmap  adalah 
  • Vector / Metafile


Raster / Bitmap
Struktur data yang mewakili susunan pixel warna yang di tampilkan pada layar monitor, kertas, atau media lainnya.







Dalam raster image sdikenal istilah Colour Depth yang menentukan ketajaman warna juga banyaknya warna. Sesuai bit yang dipakai.

  • 1 bit: 2 warna. Hitam & putih.

  • 2 bit: 4 warna. Hitam, putih, abu-abu.

  • 4 bit: 16 warna. 

  • 8 bit: 256 warna. 

  • 16 bit: 65536 warna. Warna sudah beresolusi tinggi.
  • 24 bit: Resolusi warna sangat tinggi.

  Semakin tinggi color depth yang digunakan, semakin besar juga size memory yang dibutuhkan. Jadi bagaimana cara menetukan ukuran raster image? Begini cara menghitung ukuran dari raster image :




Keterangan :
- Widht / lebar gambar di ukur dalam pixel
- Height / tinggi gambar di ukur dalam pixel
- Colour depth adalah jumlah bit yang di gunakan untuk warna di ukur dalam bit per pixel

Jangan lupa:

1024 bytes = 1 kilobyte (KB)
1024 kilobytes = 1 megabyte (MB)

Image Compression

Lossless
Lebih di gunakan untuk keperluan arsip dan biasanya untuk gambar medis, gambar teknis, clip art, atau komik.

Lossy
Di gunakan pada bit rendah. Metode lossy sangat cocok untuk gambar alam seperti foto - foto dimana aplikasi kecil kadang tak terlihat dapat di terima untuk mencapai pengurangan substansial dalam bit rate. Kompresi lossy yang menghasilkan perbedaan yang tak terlihat di sebut lossless visual.


Kuntungan dan kerugian dalam menggunakan Bitmap :

Keuntungan
Menyampaikan detail dan informasi dengan cepat
Nyata

Kerugian
Tergantung pada resolusi
Berpengaruh terhadap kualitas gambar
Ukuran file besar

Software untuk membuat gambar bitmap :
Adobe Photoshop
Adobe Fireworks
Corel Paint Shop Pro
Microsoft Paint
Microsoft PhotoDraw 2000
OpenCanvas

Raster Image Format :
BMP    : Microsoft bitmap (.bmp)
TIFF    : Tagged Image File Format (.tif)
JPEG   : Joint Photographic Expert Group (.jpg)
GIF     : Graphics Interchange Format (.gif)
PNG   : Portable Network Graphics (.png)


Vector Image
Merupakan gambar digital yang berbasiskan  persamaan matematis.




Graphic primitf => Persamaan matematika

Atribut Primitif :
- x-y location
- fill colour
- line colour
- line style

Keuntungan dan kerugian dalam penggunaan Vector :

Keuntungan :
Jumlah relatif kecil pada data yang di perlukan untuk mewakili gambar
Tidak di perlukan banyak memori untuk menyimpan
Mudah untuk memanipulasi

Kerugian :
Tingkat detail terbatas daripada yang dapat di sajikan pada gambar

Software untuk membuat gambar vector :
Adobe Flash
Adobe Illustrator
Adobe Freehand
Microsfot Silverlight
Lightwave
3D Studio Max
Maya

Vector Image Format :
WMF   : Windows metafile (.wmf)
SVG    : Scalable Vector Graphics (.svg)
PS       : Adobe PostScript (.ps)
PDF    : Adobe Portable Document Format (.psd)
DFX    : Drawing Exchange Format (.dfx)
EPF     : Encapsulated PostScript (.epf)


 Nah kalo ini contoh gambar untuk memperjelas perbedaan raster image dan vector image:



  Kelihatankan kalau vector image tidak akan pecah meski diperbesar beberapa kali. Beda dengan raster image yang mempunyai pixel tertentu.

Perangkat keras yang di gunakan untuk mendapat gambar :
Scanner
Kamera
Webcam

Bekerja dengan Pedoman Grafik :
Pilih grafik tergantung pada pekerjaan anda
Pilih software yang benar
Gunakan colour depth secara minimum
Sitem pengiriman

Keuntungan dalam Menggunakan Images :
Menyampaikan banyak informasi dengan cepat
Menambahkan simulasi visual dan warna
Dapat berkomunikasi lintas batas bahasa
Meningkatkan media lain

Kerugian dalam Menggunakan Images :
Tidak memberikan penjelasan secara mendalam.
Dapat di salah artikan.

  Sekian penjelasan saya tentang pelajaran minggu keempat. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya ya~

  Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya... 


  huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD

No comments:

Post a Comment