Yang namanya belajar bisa dimanapun. Makanya saat off-class pun tugas tidak lantas berhenti mengalir dong ya.... hikhik. Masih ingatkah anda tentang pelajaran sebelum ini? Silahkan dilihat lagi pada label sismul jika anda lupa ya.....
Pada minggu kemarin sismul membahas tentang project multimedia. Setelah itu saya telah memberikan contoh storyboard buatan saya sendiri. Semoga penjelasan yang kemarin mudah dimengerti jika ada kesalahan jangan sungkan untuk berkomentar di sini...
Baiklah pada minggu ini judul post sismul adalah Text and Hypertext. Sesuatu yang sangat sering kita temui. Informasi memang bosan jika hanya memakai teks saja. Makanya sering digunakan gambar, dan media lain. Namun, bukan berarti text itu tidak penting lho.... Kita akan sulit mengerti juga kan kalau sebuah informasi tidak ada teksnya.
Karenanya akan kita bahas lebih lanjut di sini. Pelajaran hari ini pun dimulai *ting ting*
==================================================
==================================================
- Teks merupakan media dasar pada banyak sistem multimedia
- Teks dapat berupa kata/kalimat/paragraf. Semuanya bertujuan untuk menyampaikan pikiran dan ide kita.
- Beberapa alasan mengapa teks masih digunakan di produk multimedia:
- Untuk menjelaskan bagaimana aplikasi bekerja
- Membantu user menavigasi aplikasi
- Memberikan informasi aplikasi yang telah didesign sedemikian rupa
- Kategori elemen teks:
- Karakter Alfabet: A-Z
- Nomor: 0-9
- Tanda Baca: , . " ' dll
- Simbol: & ^ % dll
==================================================
- TYPEFACE : bentuk grafis dari alfabet/nomor/karakter lainnya.
contoh: Arial, Courier, Helvetica, Verdana
- FONT : Typeface yang sudah diberi ukuran tertentu. Ukuran ini
diukur dalam satuan point.
contoh: Arial 12 point italic, Verdana 10 point underline.
- Beberapa efek teks yang dapat membantu menarik viewer:
- UPPER CASE dan lowerc case
- Bold, Italic, Underline, superscript or subscript
- Embossed or
Shadow
- Colours
==================================================
Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teks antara lain anatominya, kerning, leading, tracking, jenis font.
- Anatomi: struktur dan bentuk teks (panjang, lebar, tinggi,dll)
- Tracking: apakah tulisannya ketat atau kendur?
Tight Loose
- Kerning: Jarak antara huruf.
berikut contoh kerning yang buruk:
![]() |
Karena kerning yang jelek jadi terbaca MEGAFUCKS. Seharusnya dibaca MEGAFLICKS |
- Leading: Jarak antara baris pertama dan baris kedua.
- Font dapat kita buat/ edit dengan aplikasi seperti Fontographer dan Font Creator
==================================================
Text ada Plain text, Rich text, dan Hypertext
- Plain text : text yang tidak melewarti proses formating. Misalnya warnanya tidak warna warni. Masih berupa teks ASCII.
- Rich Text: sudah melewati proses formating dan diberi format khusus. Misalnya diberi bold, italic, garis bawah.
- Hypertext: text yang mengandung link ke halaman tertentu.
==================================================
Text di multimedia digunakan untuk:
- Memberi judul dan Headline
- Menu
- Navigasi
- Isi
==================================================
Guideline bekerja dengan teks:
- Singkat.
- Gunakan typeface dan font yang sesuai.
- Buat agar terbaca.
- Perkirakan type styles dan warna.
- Konsisten dan beri pengekangan.
Teks dapat digunakan secara efektif untuk Komunikasi data, menjelaskan konsep dan ide, mengklarifikasi media lainnya.
==================================================
Keuntungan menggunakan teks:
- Produksi murah
- Secara efektif menyampaikan ide
- Mengklarifikasi media lain
- Mudah diganti atau diupdate
Kerugian menggunakan teks:
- Lebih sulit diingat dibanding media visual
- Membutuhkan perhatuan yang lebih dibanding media lain
- Cenderung tidak praktis dipakai
==================================================
==================================================
Sekian penjelasan saya tentang text dan hypertext. Ternyata meskipun hanya berupa teks, dibalik itu banyak penjelasannya ya. hahaha. Dengan begini diharapkan kita dapat memakai teks dengan tepat. Tidak hanya tempat penggunaannya yang benar. Namun juga bentuk teks itu sendiri juga harus benar. Kita dapat mempelajari Tipografi untuk mengerti lebih lanjut dan menggunakan teks dengan akurat dan menarik. Hal itu tidak lain agar maksud yang ingin kita sampaikan dapat sampai dengan baik dan cepat.
Mohon maaf jika ada kesalahan. Jangan sungkan untuk berkomentar di bawah ini ya....
Nantikan juga penjelasan sismul berikutnya. Sismul: Week 4 - Image~
Sekian tulisan saya...
Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya..
huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD
sumber : slide binus maya
http://jurnalanakdkv.wordpress.com/tag/kerning/
No comments:
Post a Comment