Nah pada post kali ini kita akan sedikit menambah ilmu di dunia teknologi informatika. Tentang apa? Seperti yang telah saya ceritakan sebelumnya pelajaran yang pasti akan dibahas di blog saya adalah Sistem Multimedia atau akan sering kita sebut sebagai 'sismul'. Berhubung saya juga masih dalam tahap mencari dan mencerna ilmu ini maka sebisa mungkin saya akan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Dapat dimengerti oleh pembaca juga untuk saya tentunya. Karena siapa tahu suatu saat saya lupa dan setelah melihat blog ini saya ingat lagi hehehe. Berhubung saya ini tidak pintar dalam hal catat-mencatat maka yang saya berikan kebanyakan hanya poin-poin dan penjelasan pendeknya saja ya (maafkan kemalasan saya ini).
Baiklah mulai saat ini pelajaran dimulai *ting ting*
==================================================
==================================================
Pernahkan anda melihat animasi yang bergerak mengikuti kursor? Atau pernahkan anda memainkan suatu game di gadget anda? Pasti banyak yang menjawab ya. Kalau begitu berarti anda telah melihat/menggunakan sesuatu yang disebut multimedia. Kenapa? Karena jika anda perhatikan media yang digunakan pada kedua hal diatas tidak hanya menggunakan satu elemen saja (hanya gambar saja/suara saja) melainkan lebih dari satu elemen.
Jadi sebenarnya apa sih yang disebut multimedia itu?
- Multi berasal dari kata Latin ~ multus (banyak) sedangkan Media perkataan jamak (plural) bagi medium.
- Dalam artiannya sendiri, multimedia: kombinasi daru elemen - elemen teks, foto, graphic art, suara, animasi dan video yang saling berhubungan dan dimanipulasi secara digital.
- Multimedia interaktif: multimedia di mana user mempunyai kontrol terhadap konten multimedia. Maksudnya misal pada aplikasi user dapat input teks, menutup objek dll.
- Multimedia interaktif yang diberikan elemen yang saling berhubungan sehingga user dapat menavigasinya disebut Hypermedia.
==================================================
Multimedia dapat dipresentasikan/ditampilkan dengan berbagai cara:
linear, hierarchical, non linear, dan composite.
linear, hierarchical, non linear, dan composite.
- Linear:
Dimulai dari start position hingga end position dengan sedikit/tanpa
interfersi pemakai.
(bersifat logis, sederhana, ideal untuk produk yang kecil)
- Hierarchical:
Pemakai memiliki pilihan tapi topik-topik dapat dibagi menjadi topik yang
spesifik.
- Non Linear
Memungkinkan pengguna untuk bebas ke materi apapun.
(sangat fleksibel, mirip dengan cara berpikir asosiatif, namun sulit
mengembangkan model konseptual)
mengembangkan model konseptual)
==================================================
- Alasan kita menggunakan multimedia:
- mudah digunakan
- interface mudah dimengerti
- pengalaman yang mendalam
- pengertian yang lebih baik pada konten
- lebih efisien
- lebih menyenangkan
- Multimedia dapat digunakan di rumah, sekolah, tempat publik, bahkan urusan bisnis.
- dalam bisnis dapat digunakan untuk presentasi, advertising, database,
katalog, training, marketing, simulasi, demo produk dan instant
messanging.
- di sekolah digunakan dalam e-learning, presentasi pelajaran, majalah
dan koran interaktif, tv interaktif.
- di rumah sebagai software rumah tangga contohnya mendesign
rumah. Sebagai hiburan interaktif berupa DVD/blue-ray player, game
game console,internet games.
==================================================
==================================================
Begitulah ilmu yang saya dapatkan minggu tentang matakuliah sismul. Pheew, bagaimana? lumayan menarik kan? Semoga dengan tulisan di atas kita dapat mengerti apa itu yang dimaksud dengan multimedia. Maaf jika ada kesalahan dalam penjelasan. Semoga ilmu ini dapat berguna untuk yang membacanya. Nantikan pelajaran pada Week 2 - Multimedia Project
Semangat untuk semua yang telah bekerja keras dalam aktivitas hari ini. Semoga esok hari pun kita dapat melakukan aktivitas dengan semangat dan senyuman di wajah. Sudahkan anda membuat seseorang senang hari ini? Jangan lupa ya...
huphuphaphap terima kasih telah membaca tulisan ini~ :DDD
No comments:
Post a Comment